PELATIHAN RE-PACKAGING, PEMASARAN, DAN INOVASI ABON “LORJUK”


Pelatihan Re-Packaging, Pemasaran, dan Inovasi Abon Olahan “LORJUK”
Foto produk "Abon Lorjuk"

Lorjuk merupakan Kerang Laut bercangkang yang panjang tubuhnya sekitar 3 cm. Di Madura, Lorjuk sering diolah untuk dijadikan pepes dan air hasil rebusannya dapat diolah menjadi petis. Lorjuk hanya bisa dicari di balik batu dan pasir dasar laut yang surut yang hanya berlangsung dua hingga tiga jam. Tak heran jika lorjuk ini banyak dimanfaatkan menjadi beragam olahan jenis makanan atau camilan, Di desa Karang Anyar masyarakatnya banyak mengolah lorjuk menjadi petis, rengginang lorjuk, lorjuk goreng, dan kacang lorjuk. Di era modern saat ini diperlukan inovasi untuk lorjuk agar terlihat menarik yakni pembuatan Abon dengan berbahan dasar lorjuk dan memberikan variasi rasa pada abon lorjuk dengan berbagai macam rasa agar dapat menggugah selera saat di konsumsi contohnya seperti rasa original, pedas, dan pedas manis, sehingga dapat meningkatkan nilai jual lorjuk.
foto pada saat pelatihan berlangsung


Pelatihan yang diberikan oleh mahasiswa KKN 96 UTM yaitu untuk membantu mengembangkan produk olahan lorjuk yang dilakukan pada tanggal 9 Juli 2019Sasaran dalam pelatihan ini adalah seluruh produsen olahan lorjuk atau warga pemilik home industri di Desa Karang Anyar yang diikuti oleh 20 orang.


Adapun dalam pelatihan yang diberikan tidak hanya membantu pengembangan pada inovasi abon olahan lorjuk akan tetapi mahasiswa KKN 96 UTM turut memberikan masukan dalam melakukan pengemasan dan pemasaran produk unggulan desa tersebut yakni salah satunya dengan pemanfaatan media online. Pemanfaatan media online disini yaitu dengan mensosialisasikan tentang bagaimana cara memasarkan produk olahan lorjuk menggunakan E-Commerce, disini kami bekerjasama dengan salah satu platform jual beli online yaitu “Bukalapak” agar bisa diketahui oleh banyak orang baik di daerah madura maupun luar madura dan mengembangkan industri ekonomi kreatif di Desa Karang Anyar Kecamatan Kwanyar. Dari Bukalapak sendiri ada pelatihan-pelatihan dengan berbasis komunitas-komunitas yang tersebar diseluruh Indonesia, sehingga memudahkan pelaku bisnis baik pemula maupun yang sudah berpengalaman dalam menjalankan usaha agar lebih baik lagi.
Foto bersama salah satu pemilik home industri Lorjuk


Prosedur Pelaksanaan Pembuatan Abon Lorjuk 

a)       Peralatan yang dibutuhkan :
·      Kompor
·      Wajan
·      Spatula
·      Blander
·      Pisau
·      Baskom
·      Piring dan Sendok
·      Saringan 

b)       Bahan :
·      2 kg Lorjuk (Kerang Laut)
·      Santan Kental
·      Bawang Putih
·      Bawang Merah
·      Ketumbar
·      Cabai Merah Kering
·      Kunyit
·      Daun jeruk
·      Jahe
·      Daun serai
·      Garam
·      Gula
·      Minyak Goreng

c)       Cara Pembuatan :
1.   Bersihkan Lorjuk (Kerang Laut) yang sudah terpisah dari cangkangnya.
2.   Rebus lorjuk hingga matang. Angkat dan suir-suir lorjuk atau bisa menggunakan parut.
3.   Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan daun serai dan jehe, aduk-aduk sebentar. Apabila ingin pedas maka tambahkan cabai merah kering.
4.   Masukkan lorjuk yang sudah di suir-suir tadi dan santan lalu diaduk hingga merata. Masak diatas api yang sedang kemudian aduk hingga menjadi kering.
5.   Panaskan minyak goreng kembali, goreng adonan lorjuk tadi hingga benar-benar kering lalu angkat.
6.   Kemudian pres adonan lorjuk hingga tidak ada lagi minyak yang tersisa.
7.   Siap disajikan.
  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" BERSIH-BERSIH MASJID DESA KARANG ANYAR"

“ SOSIALISASI BAHAYA SERTA PENGENDALIAN PENYULUHAN BAHAYA NARKOBA DAN ZAT ADIKTIF”