SEMINAR PENDIDIKAN " PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BENDA-BENDA KONKRIT SEDERHANA BERBASIS KEARIFAN LOKAL"


SEMINAR PENDIDIKAN “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BENDA-BENDA KONKRIT SEDERHANA DAN KEARIFAN LOKAL”

foto bersama pemateri dan peserta seminar pendidikan

 Guru pada dasarnya merupakan salah satu komponen dalam proses pembelajaran yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan.  Sebagai komponen dalam bidang kependidikan, seorang guru harus berperan serta secara aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional.

Sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang, sehingga ia dituntut memiliki integritas, loyalitas, dedikasi, dan responslibility untuk mewujudkan dirinya menjadi guru Profesional. Dedikasi, dan Responbility untuk mewujudkan dirinya menjadi guru profesional. Dalam arti khusus, guru tidak semata-mata sebagai “pengajar” yang melaksanakan transfer of knowledge, tapi juga sebagai “pendidik” yang berkewajiban melaksanakan transfer of values, sekaligus sebagai “pelatihan” yang melakukan transfer of skill, dan “pembimbing” yang memberikan pengarahan dan menuntun siswa dalam belajar. (Isjoni, 20007 : 49)

Di zaman yang serba modern ini, setiap penddidik dibekali dengan ilmu-ilmu dan metode pembelajaran yang akan diaplikasikan ke anak didik, akan tetapi, dalam hal ini seorang pendidik tentu saja masih banyak yang tidak memiliki skill dalam mengajar anak didiknya. Dengan demikian, seorang guru harus bisa menggunakan media pembelajaran yang menarik minat siswa untuk metode-metode pembelajaran.

Suasana saat seminar berlangsung

Oleh karena itu kelompok KKN 96 Universitas Trunojoyo Madura menyelenggarakan.Seminar Pendidikan dengan tema “pemanfaatan media pemeblajaran berbasis benda-benda konkrit sederhana dan kearifan lokal” yang ditujukan untuk bapak dan ibu guru terutama bapakdan ibu guru sekolah dasar. Dalam hal ini kelompok KKN 96 bekerjasama dengan gudep 4 di wilayah kcamatan Kwanyar, yang anggotanya terdiri dari bapak dan ibu guru di 4 sekolah dasar (SD) yang masuk dalam gudep 4 ditambah dengan 1 sekolah dasar yang ada di desa Kwanyar Barat. Secara umum hasil yang diharapkan dari kegiatan seminar ini adalah untuk  meningkatkan keterampilan dan kreatifitas para guru dalam pembelajaran. Dan secara khusus hasil yang diharapkan dari seminar ini adalah peserta dapat meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan kelas yang lebih bermakna dan menyenangkan, serta menfaatkan media pembelajaran yang sederhana dan pembelajaran yang menyenangkan guna meningkatkan minat belajar siswa.

Foto bersama kelompok KKN 96 bersama Pemateri dan ketua Gudep 4 Kec. Kwanyar




Komentar

Postingan populer dari blog ini

" BERSIH-BERSIH MASJID DESA KARANG ANYAR"

PELATIHAN RE-PACKAGING, PEMASARAN, DAN INOVASI ABON “LORJUK”

“ SOSIALISASI BAHAYA SERTA PENGENDALIAN PENYULUHAN BAHAYA NARKOBA DAN ZAT ADIKTIF”